Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Baik & Benar 2016 Sesuai EYD




Contoh surat lamaran kerja yang baik dengan format yang benar sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin melamar suatu pekerjaan yang diinginkan. Surat Lamaran Kerja yang dibuat secara frofesional akan memberikan kesan pertama yang positip bagi pihak perusahaan yang membuka lowongan dan membutuhkan tenaga kerja.

Bagi Anda yang saat ini belum memiliki pekerjaan tetap atau sudah bekerja di suatu perusahaan namun dari sisi materi yang kurang memuaskan, suasana kerja yang kurang harmonis, prospek kedepanperusahaan tempat Anda bekerja yang kurang jelas, maka tidak ada salahnya untuk mencoba untuk mencari pekerjaan di perusahaan lainnya yang memiliki potensi dan prospek yang lebih baik.

Memiliki pekerjaan dengan memperoleh gaji yang tinggi, dengan fasilitas tambahan berupa jaminan kesehatan, tunjangan hari tua atau pensiun, dan fasilitas lainnya seperti tunjangan perumahan dan transportasi kendaraan merupakan idaman bagi setiap individu, tidak menutup kemungkinan Andapun pasti demikian.

Di jaman era globalisasi saat ini dapat dikatakan mencari pekerjaan sesuai dengan keinginan Anda merupakan sesuatu hal yang sulit, namun bukan berati Anda harus mundur dengan kondisi yang ada saat ini.

Untuk menyikapi keadaan ini, Anda dituntut untuk lebih kreatif untuk mencari informasi terkait dengan dengan lowongan pekerjaan baru yang potensial dan menjanjikan misalnya informasi di koran, majalah, situs website, radio atau bahkan televisi, ditambah lagi Anda harus pintar membangun relasi dengan orang-orang baru di sekitar Anda, siapa tahu dari mereka terbuka jalan baru dan prospek peluang kerja baru yang menantang dan lebih profesional.


Contoh Surat Lamaran Kerja

Disamping hal tersebut diatas, untuk menunjang Anda meraih kesuksesan dalam hal mencari pekerjaan baru, Anda juga diwajibkan untuk memahami cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, agar seluruh impian yang anda cita-citakan dapat segera terwujud.

Untuk menyegarkan kembali ingatan Anda tantang bagaimana cara penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar, berikut kami sampaikan format surat yang baku sehingga terlihat lebih profesional :

  1. Tempat dan Tanggal Surat;
  2. Perihal;
  3. Perusahaan dan alamat perusahaan yang membuka lowongan kerja;
  4. Salam pembuka;
  5. Kata pengantar; Menjelaskan darimana Anda memperoleh sumber informasi mengenai lowongan kerja tersebut, posisi atau bidang pekerjaan yang akan dilamar;
  6. Biodata Pribadi;
  7. Pengalaman kerja dan keahlian khusus yang Anda miliki;
  8. Penutup;
  9. Lampiran.

Tips khusus dalam membuat Surat Lamaran Kerja

  1. Pastikan lowongan kerja yang dipilih sesuai dengan keahlian yang Anda miliki;
  2. Cari Informasi tambahan mengenai kredibilitas perusahaan yang akan Anda lamar;
  3. Menggunakan format ejaan bahasa yang baik dan benar;
  4. Diketik menggunakan komputer; format tulisan rapi, menggunakan jenis dan ukuran font yang standar (Contoh font : Times New Roman, ukuran: 12 pixels);
  5. Susunan Lampiran harus disesuaikan dengan urutan di surat lamaran;


Contoh Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)

Selain menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, hal terpenting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah dengan menyusun Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)dengan uraian deskripsi pengalaman pekerjaan yang menjelaskan tentang riwayat pendidikan formal maupun non formal, dan pengalaman kerja di perusahaan sebelumnya.

Simpanlah file daftar riwayat hidup yang bisa Anda akses atau download dengan mudah secara online, simpelnya simpanlah file tersebut dalam format PDF di dalam email Anda, atau Google Drive, karena saat ini banyak situs lowongan kerja online yang memberikan kemudahan Anda dalam melamar pekerjaan, Anda hanya cukup registrasi dan mengapload curriculum vitae tersebut, selanjutnya hanya butuh waktu beberapa detik saja untuk melamar pekerjaan yang Anda inginkan.

Sebagai bahan referensi Anda, berikut contoh Daftar Riwayat Hidup dan surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris: Tip Membuat Surat Lamaran dan Proses Wawancara Kerja


Contoh Surat Lamaran Kerja#1


Berikut contoh surat lamaran kerja bagian Finance :

Jakarta, 7 Maret 2016
Perihal : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 1 Bundel

Kepada Yth.,
Bapak / Ibu Personalia Dept. Head
PT. Daffa Jaya Sakti
Jl. HR. Rasuna Said, Kav 1. No: 30, Po. Box: 12950
Jakarta Selatan


Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang Saya peroleh di Surat Kabar harian Suara Pembaharuan Tanggal 7 Maret 2016 mengenai lowongan kerja di Perusahaan PT. Daffa Jaya Sakti. Bersama ini Saya sampaikan keinginan untuk melamar pekerjaan dan ingin bergabung dengan perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Lowongan pekerjaan yang dimaksud adalah bagian Finance Manager dengan kode (FM) di perusahaan PT. Daffa Jaya Sakti.

Berikut biodata singkat saya :

Nama : Dody Surya Heriyanto, SE
Tempat / tgl. Lahir : Jakarta, 15 Mei 1994
Agama : Islam
Status : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir : S1, Accounting, UPN Veteran Jogjakarta
Alamat : Jl. MT Haryono Kav-3, No: 121, Jakarta Timur
No. Hanphone : 085289956754

Saya memiliki kemampuan berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Dapat bekerjasama yang baik dengan team, memiliki dedikasi yang tinggi, mampu bekerja sesuai dengan target perusahaan. Selain itu Saya juga dapat mengoperasikan beberapa software komputer dengan baik, seperti MS Office : Word, Excell, Power Point, Access, dan beberapa software design graphis seperti: Corel Draw dan Adobe Photoshop.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan daftar riwayat hidup, data riwayat pendidikan formal dan non formal, sebagai berikut:
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Fotocopy Ijazah S1
  4. Fotocopy Transkrip Nilai Akademis
  5. Fotocopy Sertifikat Kursus Bahasa Inggris
  6. Fotocopy Sertifikat Kursus Komputer Microsoft Office
  7. Foto Warna 4x6 yang terbaru
Saya sangat mengharapkan kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu agar saya dapat menjelaskan strategi kerja yang akan Saya gunakan dengan mengerahkan segala kemampuan dan keahlian yang saya miliki untuk kemajuan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya Saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya,



Dody Surya Heriyanto




Contoh Surat Lamaran Kerja #2

Berikut contoh surat lamaran kerja bagian Drafter :

Jakarta, 7 Maret 2016
Perihal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran: 1 Bundel

Kepada Yth.
HRD Dept. Head PT. Coca-Cola Pan Java Bottling Company
Jl. Raya Semarang- Bawen Km. 30

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari surat kabar harian Kompas Tanggal 5 Maret 2016, perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan kerja untuk posisi Drafter Enginer dengan kode (DE). Bersama ini saya ingin mengajukan permohonan untuk melamar salah satu lowongan kerja tersebut di instansi yang Bapak/Ibu pimpin.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Anwar Nasution, ST
Tempat/Tgl Lahir : Bandung, 12 Desember 1995
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Islam
Pendidikan : S1 Arsitek, Institut Teknologi Bandung
Alamat : Jl. Kemang Raya No: 83, Jakarta Selatan
Telepon : 081281934545

Sebagai bahan pertimbangan dan masukan buat Bapak/Ibu, berikut Saya lampirkan biodata diri, sebagai berikut:
  1. Pas Foto Warna 4x6
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Fotocopy Ijazah S1
  5. Fotocopy Transkrip Nilai Akademis
  6. Fotocopy Sertifikat Kursus Bahasa Inggris
  7. Fotocopy Sertifikat Kursus Komputer Auto CAD, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop
Saya mampu berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, memiliki dedikasi dan semangat kerja yang bisa diandalkan, dan mampu bekerja dibawah tekanan dan target kerja yang tinggi. Keahlian khusus lainnya yaitu dapat mengoperasikan dengan sangat baik program software gambar tehnik dan design graphis seperti Auto CAD, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan software Microsoft Office.

Demikian Surat ini saya buat dengan penuh kesadaran, dan data yang saya sajikan adalah benar dan sejujur-jujurnya, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,



Anwar Nasution, ST


Dari contoh surat lamaran kerja yang telah ditulis diatas, Anda bisa memodifikasinya sesuai dengan data diri Anda, usahakan Anda memenuhi segala persyaratan utama dari perusahaan pemberi kerja.

Tunjukkan keahlian khusus yang Anda miliki sesuai dengan lowongan kerja yang Anda lamar untuk memperbesar peluang Anda diterima sebagai calon karyawan.

Buatlah surat lamaran kerja dengan dengan menggunakan kaidah ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan format surat yang profesional, dan Anda harus jujur dalam membuatnya sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

Kedua contoh surat lamaran kerja diatas dapat Anda download filenya dalam format microsoft word : Contoh Surat Lamaran Kerja


Persiapan Sebelum Wawancara Kerja

Setelah proses seleksi penerimaan surat lamaran kerja, biasanya calon kandidat yang akan diterima sebagai karyawan akan dipanggil untuk melaksanakan tes wawancara kerja yang biasanya dilakukan oleh departemen personalia, Chief Head Department bidang kerja yang Anda pilih, atau pimpinan perusahaan tersebut.

Ketika Anda dipanggil untuk wawancara kerja, persiapkan diri Anda semaksimal mungkin, upayakan Anda terlihat rapi dan lebih profesional, gunakan pakaian formal yang nyaman digunakan, istirahatlah yang cukup, dan minum vitamin untuk menunjang segala aktifitas Anda.

Saat Anda diwawancara, bersikaplah yang sopan, rileks, jangan pernah menyela pembicaraan dari Pewawancara.

Anda harus menjawab dengan jujur setiap pertanyaan yang diajukan. Tunjukkanlah Anda adalah orang yang mempunyai rasa percaya diri yang tinggi. Latihanlah berulangkali di rumah, mungkin ada baiknya Anda bisa mengajak teman Anda sebagai Partner Pewawancara.

Demikian sahabat kembar.pro sekilas uraian singkat tentang contoh surat lamaran kerja serta hal-hal utama yang akan menunjang kesuksesan saat Anda berusaha memperoleh lowongan kerja yang Anda idamkan selama ini, dan jangan lupa banyak Berdoa, karena segala sesuatu pasti akan terwujud dengan mudah atas kehendak dan izin dari yang Maha Kuasa.



Please Share

FacebookGoogle+Twitter
Back To Top